Agen Bola Piala Dunia Pemain Afrika Yang Mencetak Hattrick di Premier League

Agen Bola Piala Dunia Pemain Afrika Yang Mencetak Hattrick di Premier LeagueAgen Bola Piala Dunia Pemain Afrika Yang Mencetak Hattrick di Premier League – Samuel Eto’o menjadi pemain yang penting dibalik kesuksesan The Blues melawan Manchester United dengan skor 3-1 di Stamford Bridge pada akhir pekan yang lalu. Pemain yang berasal dari Kamerun ini memborong tiga gol kemenangan bagi Chelsea pada laga tersebut. Hattrick yang dilakukan Eto’o membuatnya disejajarkan dengan beberapa striker papan atas Afrika yang lain. Berikut beberapa striker di Afrika yang pernah membuat hattrick di Liga Premier :

Empat hattrick

Sembilan tahun telah bermain di Liga Premier, Yakubu mampu menjadi pemain Afrika yang mengoleksi hattrick paling banyak di kompetisi tertinggi di Inggris. Yakubu mencetak hattrick pada tiga tim berbeda antara lain Portsmouth (ketika melawan Middlesbrough dan Fulham), Everton (ketika melawan Fulham), Blacburn Rovers (ketika melawan Swansea). Saat ini, pemain asal Nigeria ini masih aktif bermain pada usianya 31 tahun dan masih memperkuat klub asal China Guangzhou R&F.

Tiga hattrick

Didier Drogba mencetak tiga hattrick bagi klub Chelsea. Semua hattrick yang dilakukan oleh striker legendaris Chelsea ini dibekukan dalam kemenangan yang berakhir dengan cleansheet. Pemain asal Pantai Gading ini membutuhkan waktu empat tahun agar dapat mencetak hat-tricknya yang kedua kali pada bulan Mei 2010 yakni saat Chelsea melawan Wigan. Pada akhirnya ia pun mampu membuat hattrick ketiga pada tiga bulan setelah itu yaitu pada laga Chelsea vs West Brom di Agustus 2010.

Selain Drogba, Emmanuel Adebayor juga mencetak tiga hattrick dalam kariernya sejauh ini. Uniknya, pemain asal Togo ini membuat seluruh hattrick ketika masih berseragam The Gunners. Dua dari ketiga hat-trick tersebut dicetak ke gawang Derby pada tahun 2008. Sedangkan hattrick ketiga dicetak dalam laga Arsenal melawan Blackburn.

Dua hattrick

Demba Ba menjadi striker yang mengerikan ketika merumput dengan Newcastle. Pemain asal Senegal ini membukukan 2 hattrick dalam waktu lima pekan pada tahun 2011. Hattrick yang dilakukannya pada pertandingan Newcastle  melawan Blackburn dan Newcastle vs Stoke.

Selain Demba Ba, pemain Benjani Mwaruwari memiliki periode terbaiknya di musim 2007-08. Ia dikenal sebagai salah satu pemain pencetak gol berbahaya di Liga Premier. Ini juga termasuk dengan dua hat-trick yang ia ciptakan bersama Portsmouth. Saat ini, pemain yang kini berusia 35 tahun tersebut telah merumput pada kompetisi Afrika Selatan dengan Bidvest Wits. Selain itu, Tony Yeboah juga pernah mencetak dua hattrick pada tahun 1995. Ia mencetak dua hattricknya bersama Leeds ketika melawan Ipswich dan Wimbledon.

Satu hattrick

Sebelum Samuel Eto’o, terdapat sembilan pemain asal Afrika yang lain pernah mencetak hattrick, diantaranya seperti Peter Odemwingie, Somen Tchoyi, Salomon Kalou, Aruna Dindane, Henri Camara, Nwankwo Kanu, Peter Ndlovu, dan Efan Ekoku.