Arsenal Bermain Imbang di Kandang Southampton

Arsenal Bermain Imbang di Kandang Southampton – Tim asal London Utara Arsenal hanya membawa pulang satu poin dari pertandingan tandangnya ke markas Southampton tadi. The Gunners yang mengakhiri pertandingan dengan 10 orang menyusul kartu merah untuk Mathieu Flamini ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah.

Pada pertandingan di St. Mary’s Stadium markas lawan, Rabu (29/1/2014) dinihari, Arsenal menutup babak pertama dalam keadaan tertinggal 0-1 terlebih dahulu. Gol Jose Fonte di menit ke-21 menjadi pembeda saat turun minum babak pertama.

Setelah istirahat, tiga gol langsung tercipta di awal babak selanjutnya. Arsenal sempat berbalik unggul setelah Olivier Giroud dan Santi Cazorla berturut-turut mencetak gol ke gawang lawan.

Namun Southampton bereaksi dengan cepat untuk membalas gol. Adam Lallana mencetak gol ke gawang Szczesny semenit setelah gol Cazorla dan skor kembali imbang untuk sementara.

Pada 10 menit jelang pertandingan berakhir, Arsenal harus kehilangan Flamini yang diganjar kartu merah. Dia diusir dari lapangan setelah melanggar Morgan Schneiderlin sebelumnya.

Satu poin yang didapat tak mengubah posisi Arsenal di puncak klasemen dengan poin 52. Tapi tim asuhan Arsene Wenger itu bisa saja disalip oleh Manchester City yang hanya tertinggal dua poin dan baru akan menjalani pertandingan, Kamis (30/1/2014) dinihari WIB.

Pada pertandingan ini, peluang pertama didapat Southampton saat pertandingan delapan menit baru berjalan. Callum Chambers berhasil mencuri bola dari pemain belakang Arsenal di dalam lini pertahanan. Sam Gallagher yang mendapat bola kemudian melepaskan tendangan yang memaksa Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan yang baik.

Hingga pertandingan berjalan 20 menit babak pertama, Southampton mendominasi sepanjang pertandingan. Penguasaan bola tuan rumah mencapai 63 persen dibanding tim tamu. Mereka juga lebih agresif dengan melepaskan empat tendangan dengan satu tendangan mengarah ke gawang. Sementara sejauh ini belum ada upaya dari Arsenal sebagai tim tamu.

Di menit 21, Southampton kemudian membuka keunggulan. Umpan Luke Shaw dari sisi kiri disambut sundulan Jose Fonte ke arah tiang dekat untuk mencetak gol ke gawang.

Pemain tengah Adam Lallana hampir menggandakan keunggulan Southampton tak lama kemudian. Tapi tembakannya dari luar kotak penalti masih membentur Mathieu Flamini dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tuan rumah terus mengurung pertahanan lawan. Peluang emas kembali didapat Southampton menyusul kekacauan yang terjadi  di dalam kotak penalti The Gunners.

Usaha Nacho Monreal untuk membuang bola justru membentur pemain lawan. Bola kemudian mengarah ke Gallagher yang berdiri bebas di depan gawang. Tapi dia gagal menyarangkan bola ke dalam gawang setelah tendangannya melebar tipis.

Jelang turun minum babak pertama, Arsenal hampir menyamakan skor. Tapi tendangan Laurent Koscielny dari jarak dekat menyambut sepak pojok Mesut Oezil bisa digagalkan oleh Artur Boruc dengan baik.

Mwngawali babak selanjutnya, Arsenal langsung bereaksi membalas ketertinggalan. Bola umpan Bacary Sagna dari sisi kanan langsung disambut sontekan oleh Olivier Giroud pada menit 47. Southampton 1 Arsenal 1 untuk sementara.

Enam menit setelahnya, Arsenal berbalik unggul atas lawan. Bola umpan dari Oezil diteruskan dengan tendangan kaki kiri Santi Cazorla di muka kotak penalti dan mengarah ke pojok gawang.

Namun keunggulan Arsenal bertahan hanya sebentar. Southampton langsung menyamakan kedudukan satu menit kemudian lewat tendangan Lallana dari dalam kotak penalti yang menuntaskan umpan dari Jay Rodriguez dengan baik..

Di menit 64, serangan balik cepat dilancarkan Arsenal. Oezil menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti lawan. Pemain internasional Jerman itu kemudian melepaskan tendangan yang hanya membentur mistar gawang setelah sebelumnya sempat mengenai pemain belakang Soton.

Sepuluh menit jelang waktu normal berakhir, Arsenal harus bermain dengan 10 orang pemain. Flamini diganjar kartu merah oleh wasit setelah melakukan pelanggaran kepada Morgan Schneiderlin sebelumnya.

Unggul jumlah pemain dalam pertandingan, Southampton mencoba menaikkan tempo serangan ke pertahanan lawan. Umpan Shaw dari sisi kiri yang sempat membentur Sagna memaksa Szczesny melakukan penyelamatan dalam pertandingan. Tak lama kemudian, Szczesny kembali menggagalkan peluang Southampton lewat tendangan Fonte yang mengarah ke gawang.

Pada sisa waktu pertandingan yang ada, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Skor imbang 2-2 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.